Merajut Bahasa Indonesia di Masa Depan
##submission.synopsis##
Buku Merajut Bahasa Indonesia di Masa Depan mengulas berbagai aspek perkembangan dan tantangan yang dihadapi Bahasa Indonesia dalam era globalisasi dan teknologi. Sebagai bahasa nasional, Bahasa Indonesia telah berperan penting dalam membangun identitas dan kesatuan bangsa. Namun, dalam konteks yang lebih luas, bahasa ini juga memiliki peluang besar untuk berkembang sebagai bahasa ilmu pengetahuan dan bahkan bahasa internasional. Buku ini membahas bagaimana Bahasa Indonesia terus beradaptasi dengan perubahan zaman, baik dalam ranah pendidikan, administrasi, hukum, maupun komunikasi publik. Peran Bahasa Indonesia dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi sorotan utama, terutama dalam menghadapi tantangan global yang semakin kompleks.
Selain itu, buku ini juga menyoroti pentingnya penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam berbagai dokumen resmi, seperti tata naskah dinas dan laporan hasil pemeriksaan, yang membutuhkan ketepatan dan keseragaman bahasa. Fenomena penggunaan Bahasa Indonesia dalam ruang publik turut dikaji, termasuk perannya dalam komunikasi sosial, media massa, serta interaksi di dunia digital. Buku ini juga membahas bagaimana aspek pragmatik dan linguistik forensik memainkan peran penting dalam ranah hukum, khususnya dalam penyusunan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) dan dokumen hukum lainnya. Di tengah berbagai tantangan, buku ini menawarkan refleksi dan strategi untuk memperkuat posisi Bahasa Indonesia di masa depan, dengan menekankan pentingnya sinergi antara kebijakan pemerintah, pendidikan, penelitian, dan kesadaran masyarakat dalam menjaga serta mengembangkan bahasa ini agar tetap relevan dan berdaya saing di kancah global.
Referensi
Afra, Y., Sinaga, P. Y. N., Mahmuddin, A., Pakpahan, S. N., & Sitorus, M. T. (2024). Proses Standardisasi Bahasa Indonesia: Tantangan dan Pencapaian Sejarah. Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1(4), 607–613.
Angraini, D. A., Ulya, A., & Noviyanti, S. (2024). Struktur Linguistik Bahasa Sintaksis dan Sematik. Journal on Education, 07(01), 6664–6675.
Antari, L. P. S. (2019). Bahasa Indonesia Sebagai Identitas Nasional Indonesia. Stilistika, 8(1), 92–108. https://doi.org/10.5281/zenodo.3903959
Asoulin, E. (2016). Language as an instrument of thought. Glossa: A Journal of General Linguistics, 1(1), 1–23. https://doi.org/10.5334/gjgl.34
Nuradita, R. D., & Setyadi, A. (2022). Struktur Kalimat Dasar Bahasa Indonesia dalam Materi Aplikasi Duolingo (Kajian Sintaksis). Wicara, 1(2), 84–89.
Effendi, E. (2023). User behaviour and hoax information on social media case of Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 7(3), 930–943. https://doi.org/10.25139/jsk.v7i3.7402
Fauziah, P. S., Wikanengsih, & Ismayani, Rm. (2020). Eksistensi Istilah Teknologi Informasi pada Mahasiswa: Perwujudan Bahasa Indonesia Sebagai Penghela Ipteks. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 3(3), 281–286.
Gusmuliana, P. (2022). Problems and Expectations on International Journal Publication by Faculty Members of the English Department of Islamic Institutes in Indonesia. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2387–2400. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.1584
Haliq, A., & Hamsa, A. (2021). Literasi Digital: Tingkat dan Keandalan Sumber Referensi Mahasiswa dalam Menulis Esai Akademik. GERAM, 9(2), 163–172. https://doi.org/10.25299/geram.2021.vol9(2).7564
Herpindo, H., Astuty, A., Ekawati, M., Fadhilia Arvianti, G., Rizqin Nikmatullah, M., & Nur Afiq, M. (2023). Pembelajaran dan Pengajaran Tata Bahasa Berdasarkan Korpus. Risenologi, 8(2), 25–37. https://doi.org/10.47028/risenologi.v8i2.497
Imelwaty, S., Gunawan, F., Kuraedah, S., Mardiana, W., Wardhana, D. E. C., & Boulahnane, S. (2024). Moral values in Indonesian primary school thematic textbooks: the marrying of language appraisal and moral foundation theories. Education 3-13, 52(5), 690–702. https://doi.org/10.1080/03004279.2022.2120771
Indriani, C., & Arsanti, M. (2024). Pengaruh Bahasa Asing terhadap Struktur dan Kosakata Bahasa Indonesia : Analisis Sinkronis dan Diakronis. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(3), 1900–1907. https://doi.org/10.31227/osf.io/9pmu6
Jiang, X., Borg, E., & Borg, M. (2017). Challenges and coping strategies for international publication: perceptions of young scholars in China. Studies in Higher Education, 42(3), 428–444. https://doi.org/10.1080/03075079.2015.1049144
McLelland, N. (2021). Language standards, standardisation and standard ideologies in multilingual contexts. Journal of Multilingual and Multicultural Development, 42(2), 109–124. https://doi.org/10.1080/01434632.2019.1708918
Noermanzah, N., Wardhana, D. E. C., & Awalludin, A. (2022). Fostering Qualitative Content Analysis Skills Through Case Method. English Review: Journal of English Education, 10(2), 689–698. https://doi.org/10.25134/erjee.v10i2.6312
Nurjaman, W., Pandhya, D. N., Aldebaran, G. S., & Buzzardy, R. Ben. (2024). Peran Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dalam Peningkatan Kualitas Berbahasa dalam Pendidikan. Semantik : Jurnal Riset Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 2(2), 230–237. https://doi.org/10.61132/semantik.v2i2.643
Santosa, P. P. P. (2017). Hubungan antara Penguasaan Tata Bahasa dengan Keterampilan Menulis Narasi Bahasa Inggris Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Depok. DEIKSIS, 9(02), 182. https://doi.org/10.30998/deiksis.v9i02.1172
Syafryadin, S., Wardhana, D. E. C., & Febriani, R. B. (2020). Digital training for increasing English teachers’ professionalism at junior high school. Journal of Education and Learning (EduLearn), 15(1), 27–35. https://doi.org/10.11591/edulearn.v15i1.16937
Syafryadin, Wardhana, D. E. C., Noermanza, Rofi’I, A., & Awalludin, A. (2022). Students’ perspective and problems in implementing higher order thinking skill (HOTS) in speaking for presentation class. Journal of Language and Linguistic Studies, 18(1), 477–487. https://doi.org/10.52462/jlls.196
Wardhana, D. E. C. (2021). Indonesian as the Language of ASEAN During the New Life Behavior Change 2021. Journal of Social Work and Science Education, 1(3), 266–280. https://doi.org/10.52690/jswse.v1i3.114
Wardhana, D. E. C. (2022). Exploring the Impact of Process-genre Approach on Learners’ Academic Writing and Higher Order Thinking Skills. Journal of Language and Education, 8(2), 140–153. https://doi.org/10.17323/jle.2022.12537
